Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Sabtu, 21 April 2012

BIDAN sebagai ujung tombak


 Posyandu memiliki peran yang strategis dalam upaya pencegahan penyakit dan perbaikan gizi masyarakat. Begitu pula dengan pekerjaan sebagai Bidan dimana Bidan masih dipandang sebelah mata. Dengan tugas yang harus dicapai yaitu menekan angka kematian ibu, maka Bidan sebagai ujung tombak pemberi pelayanan kesehatan harus mampu dan terampil. Masyarakat banyak yang belum mengetahui seberapa besar peranan bidan di puskesmas. Sehingga, banyak pula masyarakat yang memadang rendah keberadaan bidan.
Jika dilihat dari perbandingan provesi dokter dengan bidan keduanya saling melengkapi. Dokter lebih pada teoritis, sedangkan bidan pada praktek. Tidak mengurangi hormat pada dokter tetapi ada beberapa hal yang jarang sekali dilakukan oleh dokter secara benar. Yaitu dengan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Dari beberapa masalah yang terjadi seputar bidan ini sebenarnya cukup merusak citra bidan yang lain.
Terlepas dari masalah ini bidan merupakan suatu profesi yang PENTING bukan cukup penting saja di masyarakat. Seorang bidanlah yang langsung berada dipelosok desa. Seharusnya kita masyarakat juga membantu terdorongnya kesadaran masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata profesi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar